PENGARAHAN
* Pengertian
Aspek hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat para bawahan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan tenaganya secara efektif serta efisien untuk mencapai tujuan.
* Prinsip-prinsip Pengarahan
a.Prinsip mengarah kepada tujuan
b.Prinsip keharmonisan dengan tujuan
c.Prinsip kesatuan komando
* Cara-cara Pengarahan
a.Orientasi
b.Perintah
- Perintah umum dan khusus
- Perintah lisan dan tertulis
- Perintah formal dan informal
c. Delegasi wewenang
* Komunikasi
Dari beberapa definisi tentang komunikasi dapat disimpulkan bahwa :
- Di dalam komunikasi terdapat hubungan antara orang dengan orang,orang dengan lembaga dan sebaliknya.
- Hubungan yang timbul didalam komunikasi itu digunakan untuk menyalurkan gagasan,pendapat,atau informasi.
- Komunikasi berguna untuk menciptakan hubungan yang serasi dan menciptakan saling pengertian.
- Untuk mengadakan komunikasi,dapat digunakan kata-kata,kode,atau simbol
* Motivasi
Motivasi mempunyai dua macam bentuk,yaitu
a.Motivasi positif
Merupakan proses untuk mempengaruhi orang lain dengan cara memberikan penambahan tingkat kepuasan tertentu
.
b.Motivasi negative
Merupakan proses untuk mempengaruhi orang lain dengan cara menakut-nakuti atau mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu secara terpaksa.
PENGKOORDINASIAN
* Prinsip-prinsip Koordinasi
a.Prinsip kontak langsung
b.Prinsip penekanan pada pentingnya koordinasi
c.Hubungan timbale balik diantara factor-faktor yang ada
* Pelaksanaan Fungsi Koordinasi
Untuk melaksanakan fungsi koordinasi,manajer dapat menempuh dua cara, yaitu :
a. Menjamin bahwa kondisi lingkungan dapat membantu untuk memberikan fasilitas bagi terlaksananya koordinasi
b. Memastikan apakah masing-masing individu sudah mengetahui prinsip-prinsip koordinasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar